Bor duduk dan cara penggunaanya

  Kesulitan yang dialami ketika anda mengebor dengan menggunakan bor tangan bisa disebabkan faktor seperti objek yang akan dibor sulit untuk ditahan atau benda tersebut memang benar-benar licin, atau mungkin benda tersebut memiliki ukuran yang kecil, alahasil ketika anda mengebor pastinya hasilnya sangat tidak memuaskan seperti terjadinya "baret" pada area-area yang tidak dinginkan yang bisa jadi disebabkan melesetnya mata bor ketika anda memusatkan mata bor pada suatu titik, Oleh karena itu mengebor objek yang mempunyai permukaan licin, atau ukuran objek yang kecil sangat tidak dianjurkan menggunakan bor tangan,
Bor duduk dan cara penggunaanya
  Jika anda mengalami masalah seperti itu sebaiknya anda menggunakan alternatif alat lainya untuk melobangi objek , disini saya akan memakai alat bor jenis yang tertempel pada sebuah meja, atau yang mereka sebut dengan bor duduk,

  Bor duduk sendiri mempunyai fungsi yang sama dengan bor tangan yaitu berfungsi untuk melobangi suatu benda dengan kecepatan putaran mata bor, akan tetapi penerapanya yang berbeda, jika bor tangan cara pengoprasianya dengan mengarahkan mata bor yang berputar menuju sebuah objek bor duduk justru sebaliknya dengan mengarahkan objek pada mata bor yang berputar pada posisinya yang diam, resiko menggunakan bor duduk pun lebih kecil dibanding dengan menggunakan bor tangan, seperti meminilasir kecacatan pada objek dan tentunya lobang yang dihasilkan pun lebih sempurna.

Untuk cara penggunanya langsung saja ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan Objek yang akan dibor,
  • Siapkan juga bor duduk yang sudah tertancap pada suatu meja, pastikan meja yang dipakai sebagai alas bor duduk memiliki ketahanan yang kuat untuk meredam getaran yang dihasilkan bor duduk.
Bor duduk dan cara penggunaanya
  • Siapkan dan pasang mata bor yang sesuai dengan besar lobang yang akan dibuat pada objek.
  • Atur ketinggian alas pada dudukan ojek dengan memutar pengaturnya yang terletak pada belakang bor duduk.
Bor duduk dan cara penggunaanya
  • Jika semua mata bor dan ketinggian sudah diset dengan benar dan sudah dilock ,sekarang anda tinggal menghubungkan kabel pada arus listrik.
  • Tekan tombol On pada alat , dan biarkan mata bor berputar stabil.
Bor duduk dan cara penggunaanya
  • Beri tanda pada objek letak posisi bagian yang akan dilobangi, untuk menandainya anda bisa menggunakan spidol atau pensil.
  • Letakan objek pada dudukan alas bor duduk.
Bor duduk dan cara penggunaanya
  • Sekarang kalian tinggal putar tuas kearah bawah agar mata bor yang berputar dapat turun kebawah, Memutarnya tuasnya juga jangan terlalu kencang , cukup dengan hati-hati saja.
  • Tahan objek dengan menggunakan tangan kiri, dan tangan kanan berfungsi untuk menurunkan tuas, nggak perlu tergesa-gesa jika ingin mendapatkan hasil lobang yang sempurna.
Bor duduk dan cara penggunaanya
  • Jika sudah selesai mengebor kalian tinggal menekan tombol off dan mencabut kabel dari arus listrik, kemudian ambil objek dari alas dudukanya dan bersihkan sisa-sisa ampas yang dihasilkan oleh mata bor.
Bor duduk dan cara penggunaanya

  Nggak terlalu susah sih jika anda mengebor objek yang strukturnya masih nggak terlalu keras seperti kayu atau plastik , tapi jika ingin mengebor sebuah besi dibutuhkan mata bor khusus dan keahlian tertentu juga untuk melobanginya.

Sekian dulu artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah, salam oli. :D

Lebih baru Lebih lama