Cara membuka kap mesin mobil dengan benar

  Membuka kap mesin merupakan persoalan yang cukup mudah bagi seorang yang sudah pahan akan seluk beluk dari mobil , kap mesin sendiri berarti penutup mesin kendaraan yang letaknya berada pada bagian depan kendaraan/mobil, tentu lebar kecilnya tergantung dari jenis dan merek mobil itu sendiri ,seperti ada kap mesin yang diperuntukkan sebagai mobil pribadi cenderung memiliki kap mesin yang cukup lebar dan malah ada yang tidak memiliki kap mesin sama sekali contohnya seperti mobil angkutan umum.

  Bagi yang sudah penasaran untuk cara mudahnya membuka kap mesin, disini saya kan coba membaginya menjadi dua bagian, kenapa seperti itu .? seperti yang sudah saya bilang dari awal bahwa setiap jenis dan merek suatu mobil berbeda beda cara untuk membukanya , makanya saya membaginya menjadi dua ,yang pertama mobil ber-regional jepang dan yang kedua regional eropa.

Mobil Jepang


  Kebanyakan dari semua model mobil keluaran jepang cara dalam membuka kap mesin sama:

  • Masuk ke kabin mobil.
  • Pada posisi bagian bawah kemudi kalian bisa menemukan beberapa tombol seperti gambar berikut.
Cara membuka kap mesin mobil dengan benar
  • Tarik logo kap mesin seperti gambar dibawah, tarik pelan-pelan saja nggak usah terlalu kencang, hingga kap mesin pada bagian depan berbunyi cklak.
Cara membuka kap mesin mobil dengan benar
  • Langkah selanjutnya kalian tinggal keluar dari ruang kabin mobil dan menuju bagian kap mesin ,lalu masukan jari kalian pada sela sela kap mesin pada bagian depan, disitu kalian akan menemukan seperti engsel (tepat diujung depan).
  • Pada bagian engsel tersebut kalian tinggal menggeser engselnya kearah samping, secara bersamaan angkat kap mesin keatas.
Cara membuka kap mesin mobil dengan benar
  • Jika sudah terangkat langkah selanjutnya yaitu mencari penyangga kap mesin, biasanya benda itu ditempatkan pada bagian dalam kap mesin.
Cara membuka kap mesin mobil dengan benar
  • Tarik dan tegakkan penyangga dan masukkan penyangga ke lobang pada kap mesin.
Cara membuka kap mesin mobil dengan benar
  • Jika ingin menutupnya kalian tinggal lepas bagian penyangga dan banting kap mesin kebawah agar menutup dengan sempurna  (jangan terlalu keras dalam membanting kap mesin agar tidak rusak).


Mobil Eropa


  Untuk mobil keluaran eropa caranya hampir mirip seperti yang model keluaran jepang tapi ada setikit perbedaan dalam penerapanya , sebagai berikut:

  • Biasanya sebagian kecil mobil eropa sudah menggunakan tombol otomatis dalam proses membukanya tapi sebagian besar masih menggunakan perinsip model jepang.
  • Kemudian pada mobil eropa tidak menggunakan penyangga kap mesin seperti model keluaran jepang, jadi ketika membukanya kalian tinggal lepas tangan dan kap mesin akan terbuka dengan sendirinya tanpa penyangga pun kap mesin tidak akan jatuh karena sudah menggunakan system hidrolik.


Lebih baru Lebih lama