Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah

  Pada beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang bagaimana cara mengganti aki pada honda vario 125 jika belum membacanya kalian bisa lihat disini , karena pada saat itu banyak dari kalian ingin dibuatkan untuk yang versi honda beatnya maka dari itu kali ini saya akan coba jelaskan secara detail bagaimana untuk melakukan penggantian aki pada motor honda beat pastinya dengan mudah dan benar.

Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah

  Sebelum kita melakukan proses penggantian aki pada honda beat , kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah benar aki pada motor kita mengalami kerusakan atau tidak, maka dari itu kita diperlukan untuk melakukan pengecekan pada motor terlebih dahulu, untuk pengecekanya sebenarnya cukup mudah kalian tinggal nyalakan mesin motor apakah ketika distater mesin pada motor susah menyala dan apakah harus dibutuhkan beberapa kali percobaan penekanan tompol stater, jika memang mesin susah menyala ketika tombol stater ditekan maka mungkin bisa dipastikan aki pada motor mengalami soak/kerusakan pada penyimpanan batreainya, pengecekan juga bisa dilakukan dengan cara ketika motor pada keadaan idle (notifikasi pada dassboard menyala) lampu lampu pada sepeda motor akan redup dan ketika tombol klakson ditekan bunyi yang dihasilkan tidak sekencang motor pada umumnya.

  Jika sepeda motor kalian mengalami hal seperti yang sudah saya jelaskan diatas bisa dipastikan aki pada motor mengalami kerusakan/soak, untuk kalian yang penasaran dengan bagaiman proses penggantian aki pada motor honda beat tersebut, kalian bisa menyimak langkah tutorial yang akan saya jelaskan dibawah ini, oh iya perlu diketahui sebelum kita memulainya kalian harus benar-benar yakin bahwa motor yang akan kita lakukan penggantian aki ialah motor beat fi karena perbedaan merek dan tipe kendaraan juga dibutuhkan perbedaan cara dan langkah penggantianya.

Persiapan dan peralatan yang dibutuhkan

  • Obeng plus ukuran sedang.
  • Obeng minus ukuran sedang.
  • Aki motor baru, kalian bisa membeli aki yang ukuran dan modelnya sesuai dengan honda beat yang ada pada motor kalian dan untuk dimana kalian bisa mendapatkanya kalian tinggal beli ditoko spare-part terdekat.
  • Air aki. dibutuhkan jika model aki yang kalian gunakan adalah tipe aki basah, jadi jika kalian membeli aki kering kalian bisa mengabaikan untuk menyediakan air akinya.

Proses penggantian aki pada motor honda beat

  • Matikan sepeda motor kalian dan parkirkan pada tempat yang nyaman.
  • Ambil obeng plus dan arahkan pada baut penutup aki yang letak posisinya ada pada bagian bawah dudukan kaki kalian ketika mengemudi, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar yang saya berikan dibawah ini.
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Tidak seperti honda vario yang kita diharuskan untuk membongkar sebagian bemper depan untuk mengganti aki , pada honda beat kalian tinggal membuka baut pengunci tersebut untuk melakukan penggantian aki pada motor.
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Jika baut pada penutup aki sudah terbuka dan penutup aki motor sudah dilepas keluar ,disana akan terdapat plastik pengunci aki yang digunakan untuk menahan aki agar tidak oblak ketika sepeda motor digunakan.
  • Gunakan kembali obeng plus ukuran sedang tersebut untuk membuka kedua baut pengunci yang terdapat pada sisi kanan dan kirinya hingga kedua baut tersebut dapat terlepas.
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Sekarang kita gunakan obeng minus untuk mencongkel pengunci aki agar dapat dikeluarkan, untuk proses penyongkelanya kalian bisa lihat gambar berikut.
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Jika pengunci aki sudah terbuka sekarang kita sudah bisa melihat dengan jelas letak dan posisi aki pada motor, kalian bisa lakukan proses pembukaan baut pada kedua arus (plus dan minus) yang menghubungkan aki pada kabel-kabelnya,
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Apabila kedua baut sudah dilepas dan kabel penghubung arus listrik yang menghubungkan aki pada kabel-kabelnya sudah dilepas kalian akan dengan mudah melepas aki motor untuk cara pengeluaran aki motor ini sangatlah mudah kalian tinggal mengangkat body aki kearah luar dan aki siap untuk diganti.
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Ambil aki yang baru ( sekali lagi jika kalian menggunakan aki basah kalian lakukan proses pengisian air aki terlebih dahulu sebelum memasangnya kembali ) dan perlu diingat untuk pemasangannya kalian tidak boleh terbalik untuk kabel arus positif dan negatif nya, jika masih bingung membedakannya kalian tinggal arahkan kabel hitam (negatif) ke arah aki yang mempunayi simbol (-) dan kabel merah (positif) kearah aki yang memiliki simbol (+) , jika kalian sampai tebalik posisinya sepeda motor akan mengalami kerusakan yang serius jadi untuk pemasangan kembali kabel arus listrik pada aki ini mohon untuk sangat diperhatikan secara detail.
Cara mengganti aki pada honda beat fi dengan benar dan mudah
  • Jika aki sudah terpasang arus listriknya kalian bisa lakukan proses pengecekan terlebih dahulu sebelum memasangnya kembali dengan cara menyalakan mesin motor, apakah kondisi kelistrikan pada motor sudah tidak ada masalah atau tidak.
  • Dan apabila sudah tidak ada masalah lagi , kalian tinggal merakit kembali semua pengunci dan penutup pada aki seperti kalian tadi membukanya dan motor pun siap untuk digunakan seperti sedia kala.
  
  Untuk proses penggantian aki pada honda beat ini memang tergolong sangatlah mudah jika dibandingkan dengan ketika kita mengganti aki pada honda vario yang dulu, tapi meskipun tergolong cukup mudah akan tetapi kalian tidak boleh lalai ketika kalian memasang kabel arus listriknya , karena ini akan menjadi masalah yang cukup serius jika kalian memasangnya terbalik.

Posting Komentar

Komentar baru!!

Lebih baru Lebih lama