Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar

  Ban merupakan aspek terpenting dalam sebuah kendaraan karena merupakan kaki dan tumpuan body kendaraan itu sendiri, lalu bagaimana jika ban pada kendaraan mengalami kerusakan seperti tertancapnya paku atau benda tajam lainya yang membuat ban pada kendaraan harus diganti, untuk kalian yang mengalami hal seperti tak perlu khawatir karena kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk menambal ban pada kendaraan kalian dengan benar.

Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar

  Untuk tutorial kali ini saya akan fokuskan untuk kendaraan jenis mobil karena untuk jenis sepeda motor sudah saya buatkan, jika belum membacanya kalian bisa klik disini , oh ya dan juga pastikan ban yang anda tambal sudah menggunakan tubles, karena ban yang masih menggunakan ban dalam cara untuk menambalnya akan sangat berbeda dari yang akan saya jelaskan kali ini.

Langsung saja kita persiapkan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu:

  • Siapkan ban yang bocor.
  • Angin kompresor (jika kalian tidak mempunyainya kalian bisa gunakan pompa angin yang manual , karena proses penambalan kali ini sangat membutuhkan kondisi ban terisi penuh angin).
  • Alat untuk penambalan ban seperti gagang pengebor, gagang penambal dan pastinya karet khusus yang dipakai untuk menutup lobang yang dihasilkan (bentuk karetnya sedikit lebih besar jika dibanding yang ada pada sepeda motor).
  • Tang pengungkit (tang yang digunakan untuk mencabut paku).
  • Air yang dicambur dengan sabun hingga menghasilkan busa.
  • Kuas ukuran sedang (jika tidak ada pakai saja kuas yang digunakan untuk mengecat tembok, dan apabila kalian tidak mempunyainya pula kalian bisa gunakan kain bekas yang sudah tidak terpakai sebagai pengganti kuas).
  • Obeng minus besar.
  • Dongkrak dan jackstand jika ban yang bocor masih menempel pada mobil.

Langkah untuk penambalan pada ban mobilnya sebagai berikut:

  • Jika ban mobil yang akan ditambal masih dalam keadaan mengikat/menempel pada mobilnya kalian bisa melepaskan rodanya terlebih dahulu , sebenarnya bisa sih untuk melakukan penambalan ketika ban mobil masih menempel pada mobil tapi akan sangat sulit dilakukan karena untuk mencari posisi paku yang tertancap dibutuhkan alat seperti dongkrak untuk mengetahui seluruh sela sela permukaan pada ban.
  • Apabila roda pada mobil sudah dicopot sekarang kalian tinggal memastikan kondisi angin sudah diisi penuh dengan angin kompresor.
  • Lakukan pengecekan keseluruh area permukaan telapak pada ban , cari dengan seksama hingga menemukan penyebab terjadinya suatu kebocoran seperti bekas paku atau benda tajam lainya.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Gunakan kuas yang sudah di celupkan air sabun pada area tempat yang diduga penyebab kebocoran, jika pada area yang dioleskan air sabun menghasilkan gelembung gelembung kecil yang keluar dari dalam ban secara terus menerus ,artinya ban sudah dapat dikonfirmasi bahwa kebocoran memang letaknya berada pada area situ.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Ambil obeng minus dan gunakan untuk mencongkel paku yang tertancap pada permukaan ban.
  • Gunakan tang pengungkit jika paku yang sudah dicongkel ujungnya sudah keluar sedikit agar proses pecabutan lebih mudah.
  • Gunakan gagang pengebor tambal (bentuk ujung kepalanya memiliki ulir seperti bor) pada bekas yang ditinggalkan paku yang sudah dicabut hingga kepala gagang pengebor masuk seluruhnya kepermukaan ban.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Sekarang langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu mengambil karet penambal yang dikhususkan untuk mobil tersebut dan memotongnya menggunakan gunting hingga ukuran yang sesuai.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Ambil gagang penambal dan arahkan karet penambal pada ujung gagang, posisikan karet pada posisi tengahnya seperti gambar dibawah ini.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Copot gagang pengebor dan pada saat yang bersamaan gunakan gagang penambal yang sudah dilapisi karetnya lalu masukkan pada pada lobangnya hingga keseluruh kepala gagangnya.

Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Diamkan beberapa detik kemudian angkat gagang penambalnya pelan pelan sembari sedikit memutar gagangnya agar karetnya bisa merekat sempurna pada permuklaan ban.

Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Jika sudah dicopot gunakan cutter untuk membersihkan bekas karet yang tersisa pada proses penambalan.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  • Langkah terakhir ialah melakukan pengetesan apakah semua proses penambalan sudah dilakukan dengan benar dan ban pada roda mobil sudah tidak lagi bocor atau tidak, dengan cara mengoleskan kembali kuas yang suda di lapisi air sabun kemudian dioleskan lagi pada area proses penambalan tadi , jika sudah tidak ada gelembung yang keluar dari ban secara terus menerus maka proses penambalan pun sudah berhasil.
Cara menambal Ban tubles pada mobil dengan benar
  Cukup mudah bukan untuk proses penambalan pada mobil kali ini , memang butuh sedikit keteranpilan dan tenaga ekstra tangan ,karena yang kita kerjaakan kali ini sedikit lumayan berat yaitu ban pada mobil, akan tetapi semua proses ini akan lebih mudah jika kalian sudah terbiasa melakukanya.

Posting Komentar

Komentar baru!!

Lebih baru Lebih lama