Fungsi dan penggunaan moment/torsi pada baut roda

 Jika kalian masih bingung apa sih sebenarnya Moment roda itu.? , sebenarnya me-moment roda adalah perkara yang amat penting apabila kalian memiliki mobil yang rodanya baru saja di pasang dan dirapatkan dengan kunci roda , moment adalah langkah terakhir yang harus dilakukan sebelum mobil chek out ,atau udah siap jalan .
Fungsi dan penggunaan moment/torsi pada baut  roda
  lha trus memangnya dampaknya kenapa kalau tidak dimoment baut rodanya ,kan tadi udah dirapatkan dengan kunci roda.? pertanyaan yang bagus ,jawabanya yah jika kalian merapatkan baut roda kalian kan tidak tahu berapa kekuatan/power pada saat kalian mengencangkan baut roda itu seberapa kencang, kan setiap orang power nya berbeda-beda ,untuk dampaknya jika tidak terlalu kendor/tidak rapat akibatnya bisa sampai roda akan terlepas ketika mobil sudah chek out , kalau terlalu kencang juga tidak baik karena dapat menyebabkan baut roda menjadi selek dan dampaknya sama seperti di atas ,seperti baut yang selek kemudian terlepas dan otomatis roda pun copot dari mobil , mengerikan bukan biasanya orang-orang menyepelekan hal seperti ini .jadi intinya moment itu untuk mengkondisikan bahwa kekencangan baut itu sesuai dengan standart.

 saya akan memberikan tips mudah memoment baut roda pada mobil,

  • Persiapkan momen/torsi yang besar.
  • pasang kunci sok sesuai dengan baut roda kendaraan (pada kepala moment/torsi)
Fungsi dan penggunaan moment/torsi pada baut  roda
  • Untuk mengatur skalanya kalian tinggal menarik ujung bawah kunci moment kemudian memutarnya sesuai dengan skala
Fungsi dan penggunaan moment/torsi pada baut  roda
  • skala yang digunakan di indonesia ada 2 , yang pertama skala baut roda yang ulirnya menempel di AS/tromol ini sih hampir 90% kendaraan memakai jenis ini rata-rata kendaraan buatan dari jepang,setting pada set 12 kg 
  • Untuk jenis baut roda yang satu lagi yaitu baut roda yang ulirnya menempel pada bautnya ,ini jarang ditemui contohnya baut roda nya Audi Vw ,renault dan mobil buatan eropa lainya, set skala pada posisi 16 kg.
  • tutup pengunci moment dan pasangkan pada baut roda.
Fungsi dan penggunaan moment/torsi pada baut  roda
  • tekan kearah kanan , dari atas kebawah hingga berbunyi klik pada moment.
  • Lakukan pada semua baut , jadi jika sudah ada bunyi klik pada moment,tidak perlu dilanjutkan karena itu sudah sesuai standart nya.
Fungsi dan penggunaan moment/torsi pada baut  roda

Okey, Sekian dulu artikel ini kutulis , Semoga dapat membantu anda

Salam oli. :D

Lebih baru Lebih lama