Air gun (semprot angin kompresor) dan penggunaanya

  Semprot angin kompresor atau yang sering dikenal sebagai air gun sangat diperlukan dalam pekerjaan yang menggunakan kekuatan hembusan angin dalam tekanan tinggi, kenapa disebut air gun , jawabanya sederhana saja karena bentuknya didesign seperti pistol (gun) dan penggunanya memang dikhususkan untuk menyemprotkan angin.
Air gun (semprot angin kompresor) dan penggunaanya
 Kegunaan air gun diperuntukan membersihkan bagian-bagian yang tidak dapat dijangkau oleh alat pembersih lainya karena sifatnya dapat menerbangkan partikel-partikel kecil seperti debu, pasir dan kotoran kecil lainya, air gun juga dapat berfungsi sebagai mempecepat pengeringan benda yang masih basah.

  Cara penggunan alat air gun ini terbilang cukup mudah, ikuti saja langkah-langkahnya seperti berikut:

   A. Persiapan:


  • Siapkan sebuah kompresor.
  • Siapkan selang angin kompresor, pastikan juga sudah terhubung dengan mesin kompresor dengan rapat agar tidak terjadi kebocoran saat menggunakanya.
  • Dan yang paling penting yaitu air gun itu sendiri.

  B. Langkah penggunanya:

  • Nyalakan kompresor yang sudah terhubung dengan arus listrik, tunggu sejenak hingga kompresor dapat menyimpan tekanan angin yang cukup.
  • Buka kran penghubung antara kompresor dengan selang agin.
  • Hubungkan selang angin dengan air gun yang sudah disiapkan.
Air gun (semprot angin kompresor) dan penggunaanya
  • Sekarang tinggal kalian pergunakan untuk tujuan seperti apa, apakah diperuntukan membersihkan alat yang berdebu, kotor dsb, atau bahkan untuk mengeringkan benda yang masih dalam keadaan basah.
Air gun (semprot angin kompresor) dan penggunaanya
  • Untuk cara penggunanya terbilang cukup sederhana yaitu dengan mengarahkan ujung air gun kearah objek yang akan dibesihkan/dikeringkan kemudian menekan gagang yang terdapat pada body tengah air gun.
Air gun (semprot angin kompresor) dan penggunaanya
  • Untuk kecepatan tekananya kalian bisa sesuaikan dengan kekuatan tekanan tangan anda terhadap gagang air gun, semakin kencang anda menekan maka semakin kencang pula tekanan semprot yang dikeluarkan air gun, oh ya, tekanan kompresor juga berpengaruh pada kekuatan semprot air gun, maka dari itu gunakan saja sesuai dengan penggunanya saja.
  • Jika sudah selesai menggunakanya kalian tinggal cabut selang dari air gun dan matikan kompresor, jangan lupa juga untuk melepas angin kompresor yang tertahan didalamnya agar kompresor tidak cepat rusak.


  Sekian dulu pembahasan tentang penggunaan air gun , karena caranya cukup simpel saya pastikan kalian dapat menggunakanya dengan mudah.

Sekian salam oli. :D

Lebih baru Lebih lama