Cara menggerinda (potong) besi dengan aman dan benar

  Menggerinda adalah hal yang dilakukan seseorang ketika malas memotong atau menghaluskan sebuah besi secara manual, dikarenakan menggerinda ada yang dilakukan untuk memotong dan ada yang dipergunakan hanya untuk merapikan atau lebih cenderung ke meraut besi, Jadi dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memotong besi menggunakan gerinda tentunya dengan aman donk.
Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar
  Nggak perlu banyak ngomong sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya menggerinda potong besi ,untuk persiapan periksa dulu hal berikut:

  • gerinda dalam kondisi fisik yang bagus ,tidak rusak, atau cacat karena jika terjadi kerusakan akan berakibat fatal bagi diri anda ,jadi pengecekan meliputi ujung colokan, kabel , body , tombol penggerak, dan kepala gerinda.
Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar

Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar
  • Putaran gerinda ketika dinyalakan masih normal , tidak ada keolengan pada saat mata gerinda berputar, kalian bisa test terlebih dahulu tanpa menggunakan meta gerinda.
  • kondisi Mata gerinda masih dalam keadaan tebal tidak habis , berbentuk lingkaran sempurna , tidak oval atau kotak :D ,jika habis kalian bisa membelinya ,usahakan membeli yang memiliki ketebelan lebih daripada yang tipis.
  • mental, jika perlu ,kalian musti didampingi seorang senior untuk lebih safty tentunya.
  Jika persipan diatas dirasakan sudah cukup sekarang tinggal kita eksekusi untuk memenggal besi tersebut :D
  • pastikan tempat yang enak terlebih dahulu, karena kenyamanan adalah kunci utama dalam bekerja.
  • colokan gerida ke listrik ,kemudian tekan pelan-pelan terlebih dahulu untuk mengetestnya, apakah putaran sudah dirasakan cukup enak atau tidak.
  • buat garis dimana kalian akan memotongnya.
Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar
  • Tekan dan kunci tombol gerinda hingga gerinda jika dilepas tombolnya tetap berputar
  • arahkan mata gerinda pada besi yang akan dieksekusi ,tentunya dengan pelan-pelan, perlu diketahui dalam hal ini usahakan agar gerinda tidak ditekan agar percikan geringa yang dihasilkan tidak muncrat kemana mana jadi fokuskan untuk tidak menekanya tapi fokus pada percikan yang dihasilkan gerinda mengarah kemana.
Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar

Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar
  • Jika ingin mengubah percikan gerinda kebelakang kalian tinggal set pada kepala gerinda, tapi menurutku sih ini malah sangat beresiko.
Cara menggerinda (potong)  besi dengan aman dan benar
  • Pelan tapi pasti itulah perinsip menggerinda ,jadi jika kalian melakukannya dengan pelan dan sabar hasilnya pun memuaskan.
  • Oh ya, jangan pernah sekali-kali menaruh gerinda kelantai jika tombol pengunci tidak dilepas (dimatikan)
  Untuk lebih safty lagi gunakan perlengkapan seperti kacamata ,sepatu safty ,dan pelindung muka. kalo menurutku sih ,ini lebih beresiko jika tidak ada bimbingan dari seseorang yang sudah bisa menggerinda, 

  Jadi resiko ditanggung sendiri jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan akibat kecerobohan kalian sendiri, untuk pemula saya sarankan sebaiknya menggunakan gergaji besi saja untuk lebih amanya :D

Ok sekian dulu, salam oli :D

Lebih baru Lebih lama