Cara membedakan letak posisi roda pada mobil

  Masalah yang dialami oleh orang ketika sehabis membuka sebuah roda pada kendaraan adalah letak posisinya, Kesalahan dalam menaruh posisi roda dapat menyebabkan beberapa resiko seperti tidak stabilnya kemudi, timbulnya suara pada telapak ban ketika kendaraan pada kecepatan tertentu, dan juga dapat menyebabkan mobil akan mengarah kesuatu arah ketika kemudi dilepas, pastinya tidak nyaman bukan bagi seorang pengendara.

  Saya akan memberikan beberapa tips sederhana untuk membedakan letak posisi roda ketika sehabis membukanya yang kadang sulit dalam membedakan antara kiri kanan dan depan belakangnya:

   A. Dengan melihat pada struktur ban.


 Cara  ini sebenarnya paling umum dimasyarakat, Untuk caranya sendiri pun cukup simpel yaitu dengan melihatnya saja pada posisi roda pada bagian tertentu seperti:
  • Ketika anda melihatnya dari depan kendaraan terlihat "batik" an telapak ban akan mengukir seperti huruf V ,Jadi pemasangan suatu roda terbalik jika batik an telapak ban pada roda terlihat huruf V yang terbalik, karena memang pada saat pertama kali pemasangan ban pada roda memang di rancang sedemikian rupa untuk menghindari bunyi desusan ketika kecepatan tinggi.
Cara membedakan letak posisi roda pada mobil
  • Lihatlah pada bagian sisi samping ban pada roda akan terdapat sebuah tulisan "rotation" dan sebuah arah penunjuk rotasi mengarah kemana , jika sudah diketahui arah putaran rotasi tinggal sesuaikan dengan bagian kanan kirinya saja.
  • Yang terakhir yaitu yang paling mudah yaitu dengan melihat tulisan atau lebih tepatnya terdapat tulisan right (kanan) ,left (kiri) nya , tinggal pasang saja sesuai dengan posisinya.
Cara membedakan letak posisi roda pada mobil
 Perlu diketahui cara diatas hanya berlaku untuk jenis ban rotsi, Jika ban tersebut tidak termasuk jenis rotasi cara membedakanya dengan melakukan cara dibawah ini.

  B. Dengan meraba/mengelus permukaan ban. 


 Jika ban tidak terdapat arah putar rotasi Cara ini terbukti ampuh dalam membedakan antara kanan kirinya suatu roda, pertama-tama perhatikan gambar berikut terlebih dahulu.
Cara membedakan letak posisi roda pada mobil
  • Rabahlah permukaan telapak ban dengan tangan kalian kearah no 1, Jika anda mengelus kearah 1 lebih kasar permukaanya daripada mengelus pada permukaan ban yang mengarah kearah ke no 2 berarti dapat dipastikan roda tersebut seharusnya pada posisi kanan kendaraan.
  • Sebaliknya Untuk posisi kirinya akan terlihat jika anda mengelus kearah no 1 lebih halus daripada permukan telapak ban yang mengarah ke no 2 .
 Cara diatas juga tidak berlaku apabila anda masih baru dalam penggantian ban kendaraan, karena ban baru tidak akan terasa halus kasarnya pada telapaknya.


  Untuk membedakan roda antara bagian depan dan belakang ini terbilang agak sulit, tetapi biasanya roda bagian depan itu lebih tipis permukaanya daripada permukaan roda bagian belakangnya, untuk itu ada baiknya anda merotasi roda bagian yang lebih tebal kedepan , tujuanya yaitu kenyamanan anda berkendara itu sendiri.

  Sekian dulu ya penjelasan tentang cara mengetahui posisi roda dengan benar ini, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah yang kalian hadapi saat ini , sekian dan salam Oli. :D

Lebih baru Lebih lama