Kompresor dan pengoprasianya

  Kompresor adalah alat yang digunakan sebagai penyimpanan tekanan angin, besar tidaknya suatu tekanan angin yang dapat diproses oleh kompresor tergantung dari besar kecil nya masa juga dari kompresor itu sendiri, Untuk kegunaan dari kompresor pun banyak sekali, bisa dipergunakan sebagai pengisi angin ban pada kendaraan, sumber energi pada alat tersebut membutuhkan angin untuk pengoprasianya seperti air gun, impak, lift kendaraan dan sebagainya.
Kompresor dan pengoprasianya
  Jenis dari kompresor itu sendiri sebenarnya banyak sekali, ada yang berukuran besar juga ada yang berukuran kecil,

  Kompresor dengan ukuran besar dapat menopang semua jenis alat yang membutuhkan kekuatan angin kompresor yang cukup besar untuk menjalankanya, seperti mengangkat lift kendaraan , Dongkrak hidrolik, impak besar, air gun, dsb, kalian bisa menjumapi jenis kompresor ini pada bengkel-bengkel mobil baik yang resmi (diler) ataupun tidak resmi,

   Untuk kompresor yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk mengoprasikan alat yang tidak terlalu membutuhkan tekanan angin tinggi ,seperti impak kecil, air gun, dan pengisi tekanan angin, Kalian bisa menemukan kompresor jenis ini pada bengkel-bengkel yang biasa berada di tepi jalanan disekitarmu.

  Jika ingin tahu cara penggunaan/pengoprasian kompresor, saya akan coba jelaskan dasar-dasar penggunanya:

  • Siapkan kompresor.
  • Pastikan kompresor tersebut masih layak untuk digunakan, lakukan pengecekan pada semua bagian-bagian dari sudut kompresor.
  • Hubungkan kompresor pada arus listrik biasanya colokanya berbeda dari alat-alat yang biasanya.
  • Tutup semua kran penutup kompresor yang digunakan untuk membuang angin dari tabung kompresor, biasanya terletak dibagian bawah tabung kompresor.
Kompresor dan pengoprasianya
  • Atur maximal tekanan angin yang akan digunakan pada kompresor.
  • Tekan swicth on pada kompresor , model dari swicth ini berbeda-beda disetiap typenya, tapi rata-rata swicth ini berbentuk seperti swich meteran arus listrik yang ada dirumah kalian.
Kompresor dan pengoprasianya
  • Jika sudah ditekan on, sekarang tinggal kalian tunggu saja kompresor berputar hingga tekanan angin yang tertampung pada tabungnya sesuai dengan tekanan yang sudah diatur tadi.
  • Kompresor akan otomatis mati dengan sendirinya jika tekananya sudah sesuai dengan yang diset tadi.
  • Sekarang tinggal kalian buka kran penghubung antara kompresor dengan selang angin.
  • Tinggal dipergunakan untuk apa, apakah digunakan untuk keperluan mengisi angin ban, meng-impak, atau untuk membersihkan debu dengan bantuan air gun.
Kompresor dan pengoprasianya
  • Apabila pada tabung kompresor telah kehilangan banyak tekanan angin, maka kompresor akan otomatis menyala dengan sendirinya hingga kompresor tersebut mengisi angin sesuai dengan tekanan yang sudah diatur tadi, dengan ketentuan kompresor masih dalam swicth menyala.
  • Jika sudah selesai menggunakanya , sekarang kalian tinggal mematikan swichnya, cabut juga kabel penghubung yang tertancap di arus listrik, dan jangan lupa untuk membuka semua kran pada bawah kompresor agar pada tabungnya tidak ada tekanan angin yang tesimpan setelah penggunanya.
  Nggak terlalu sulit juga kan cara penggunan kompresor semoga dapat sedikit membantu permasalahan anda, sekian dan salam oli. :D

Lebih baru Lebih lama