Pengertian kunci pass dan cara penggunanya

  Baiklah untuk pertama-tama jika anda baru menekuni bidang otomotif anda pastinya mengenal berbagai nama atau istilah dalam penggunan kunci, sebenarnya banyak sekali nama dan jenis kunci dalam dunia otomotif seperti kunci pass, kunci ring ,kunci inggris, kunci sok, kunci nepel, dan sebaginya.

  Untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan kunci pass terlebih dahulu, dikarenakan kunci ini sangatlah umum yang di gunakan pada perbengkelan di sekeliling anda, ataupun hanya digunakan sebuah logo pada perusahaan yang berhubungan dengan indusatri otomotif.

Pengertian umum: Kunci pass ialah sebuah batangan besi yang ujung kepalanya berbentuk setengah segi enam yang  besar kecil ukuran/sudut diameter pada kepalanya berbeda-beda tergantung pada jenis baut yang sesuai dengan ukuran dari sudut diameter kunci itu sendiri,
Pengertian kunci pass dan cara penggunanya

  Untuk panjang dan kecilnya pun disesuaikan dengan ukuran kunci itu sendiri, gampanganya kunci yang kepalanya berbentuk setegah segi eman yah itulah kunci pas. untuk fungsinya, kunci jenis ini dirancang untuk membuka atau merapatkan baut yang tidak dapat terjangkau oleh kunci ring atau kunci sok, dsb.

Kelebihan


  • Dapat membuka baut dari sudut yang tidak dapat dijangkau oleh kunci ring atau sok biasanya yang terdapat dibagian sudut yang tertutup oleh sesuatu.
  • Dapat membuka baut yang berada pada tengah-tengah di sebuah batangan besi (torsi).
  • Lebih mudah dan fleksibel dalam penggunanya.
Pengertian kunci pass dan cara penggunanya


    Kelemahan


    • Tidak dapat digunakan pada baut yang sudah cacat sudut-sudutnya.
    • Jika penggunanya dipaksakan pada baut yang keras, dapat menyebabkan kerusakan pada baut yang akan dibuka menjadi selek/rusak.
    • Kerusakan kunci biasanya terjadi pada bagian sudut-sudut dibagian kepalanya, yang bisa lebih parah akan menyebabkan salah satu ujung kunci pass akan patah dan tidak dapat diperbaiki. 
    • Biasanya kunci ini juga jarang digunakan oleh mekanik yang berpengalaman untuk menjaga agar baut tidak cepat rusak, mereka biasanya menggunakanya hanya dalam keadaan darurat dan keterpaksaan saja.


      Kurang lebih seperti itu penggunan kunci pass dalam pengoprasianya dalam bidangnya, menurutku kunci ini paling familiar di dalam bidang otomotif. Salam oli :D


    Lebih baru Lebih lama