penggunaan bor tangan dengan baik dan benar

  Bor adalah alat yang digunakan untuk molobangi suatu benda dengan sebuah kecepatan putaran yang menghasilkan keluasan diameter dan kedalaman tertentu, bor sendiri sebenarnya banyak jenisnya, mulai dari bor yang digunakan oleh industri ,hingga yang digunakan untuk masyarakat , sebut saja bor tangan alat ini memang nggak selalu ada disetiap rumah , akan tetapi bor tangan ini adalah yang paling familiar ditelinga masyarakat ,
penggunaan bor tangan dengan baik dan benar
  jika anda masih belum mengenal bor tangan dan ingin mempelajari cara pakai nya saya akan memberikan sedikit cara yang paling mudah untuk menggunakan bor ini tentunya dengan benar dan aman,

Persiapan:

  • Siapkan bor tangan
  • Siapkan juga mata bor yang sesuai dengan diameter benda yang akan dilobangi.
  • Siapkan objek/benda yang akan dibor,
Langkahnya:
  • Masukkan mata bor kedalam bor tangan, untuk cara membukanya kalian tinggal membuka dudukan mata bor dengan bantuan pengunci bornya ,biasanya penguncinya terletak menggantung di rantai pada bagian ujung bawah dari bor itu sendiri.
  • Jika sudah dimasukkan sekarang tinggal kalian kunci mata bornya, gunakan pengunci untuk mengencangkan mata bor, jika cara membukanya dengan memutar pengunci kearah kiri ,untuk mengencangkanya kalian tinggal putar kearah sebaliknya.
penggunaan bor tangan dengan baik dan benar
  • Colokkan kabel bor pada arus listrik.
  • Test dulu ,dengan menekan tombol pada bor, apakah kecepatan putaran yang dihasilkan bor itu sesuai ,dan juga test apakah putaran yang dihasilkan itu menuju pada satu titik.
  • Sekarang tinggal buat tanda pada objek yang akan dibor, terserah kalian menggunakan tanda seperti apa.
  • Untuk cara pengeboran disini ada dua versi :
  1. Mengebor dengan cara ditempatkan terlebih dahulu mata bor pada objek baru kemudian menekan tombolnya, cara ini bisa kalian lakukan pada yang struktur objeknya mudah rapuh seperti tripleks, kayu yang masih basah dll.
  2. Mengebor dengan cara putaran bor terlebih dahulu baru kemudian diarahkan pada objek, cara ini dilakukan jika struktur pada objek itu keras contohnya seperti benda yang terbuat dari plastik yang tebal, kayu kering dan jika bornya bagus bisa digunakan untuk melobangi besi yang tipis.
penggunaan bor tangan dengan baik dan benar

penggunaan bor tangan dengan baik dan benar
  • Perlu diketahui ,untuk pengeboran tidak boleh dilakukan dengan menekanya ,resiko yang akan ditimbulkan dapat merusak mata bor dan lobang yang dihasilkannya tidak sempurna.
  • Lakukan dengan pelan-pelan saja demi mendapatkan hasil lobang yang memuaskan.
penggunaan bor tangan dengan baik dan benar
  • Jika sudah selesai mengebor kalian tinggal cabut mata bor agar tidak rusak.
  Seperti itulah cara mengebor , saran dari saya sih untuk cara mengebor kalian bisa pakai tips yang ke 2, karena terlalu beresiko dan kualitas yang dihasilkan bor nggak akan sesuai jika kalian menggunakan tips yang no 1.

Ok sekian dulu semoga dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah. :D

Lebih baru Lebih lama