Pengertian kunci sok dan cara penggunanya

  Jika anda sudah paham betul tentang kunci pass dan ring sekarang saya akan mencoba menjelaskan pengertian dari kunci sok dan cara penggunanya dalam bidang otomotif.
Pengertian kunci sok dan cara penggunanya


  Kunci sok adalah sebuah kunci yang berbentuk tabung yang pada sisi tengahnya telah terlobangi sesuai dengan ukuran diameter baut yang akan dibuka, Tidak seperti kunci pass dan kunci ring kunci ini tidak memiliki gagang yang tertempel menyatu dengan kepalanya seperti yang anda temui pada kuci pass dan ring , Jadi sudah sewajarnya jika kunci sok memang terpisah dengan bagian gagangnya.
Pengertian kunci sok dan cara penggunanya


  Jika kalian menganggap fungsi dari kunci sok ini sama persis dengan kunci ring maka kalian salah, kunci sok ini mempunyai lebih banyak fungsinya yang tidak kalian temui pada kunci ring seperti:

  • Bisa diperpadukan dengan gagang versi torsi/stang yang jika digunakan untuk melepas suatu baut menjadi lebih ringan daripada kunci ring.
  • Jika diperpadukan dengan kunci recet (trek) dapat mempermudah proses membuka baut yang memiliki ulir panjang karena anda tidak perlu melepas atau memasang kembali antara kunci dengan baut yang dibuka.
  • Jika dibandingkan dengan kunci ring , kunci sok lebih mudah dan lebih enteng dalam proses membuka baut.
  • Bisa digunakan membuka baut yang berada jauh didalam permukaan contohnya seperti dapat membuka baut pada roda mobil kendaraan. , dan masih banyak lagi kelebihanya.
  Untuk yang belum tahu cara penggunanya, sebenarnya ini cukup mudah , yang kalian butuhkan cuma kunci sok yang sesuai dengan ukuran baut dan sebuah gagang nya , entah mau pake yang torsi atau yang recet gunakan sesuai dengan kebutuhan, lebih mudahnya seperti langkah-langkah berikut:
  • Siapkan kunci sok dan gagang.
  • Masukkan kunci sok pada ujung kepala dari stang/recet.
Pengertian kunci sok dan cara penggunanya

  • Jika menggunakan recet, kalian atur terlebih dulu poros yang terletak di kepala recet agar men-set untuk membuka baut.
  • Jika sudah selesai ,kalian tinggal menempatkanya pada baut yang akan dibuka.
Pengertian kunci sok dan cara penggunanya
  • Langkah terahir tinggal kalian putar saja gagangnya, Jika merasa kesulitan (baut keras) kalian bisa memanjangkanya dengan menggunakan pipa besi.


Cukup mudah bukan cara penggunanya, Salam oli :D 

Lebih baru Lebih lama