Pengertian kunci ring dan penggunanya

  Mendengar kata ring tentunya kalian sudah paham akan bentuk dari kunci ini, secara istilah kata ring sendiri mempunyai arti melingkar (cincin) , benar sekali kunci ini di desain pipih melingkar seperti cincin pada pentolan kepalanya, Kunci ini juga sangat umum dijumpai disekitar kita , mungkin penamaanya yang berbeda disetiap tempat.

  Untuk jenis dan ukuranya sama halnya dengan kunci pass yaitu dengan menyesuaikan ukuran diameter baut yang akan dibuka atau dirapatkan.
Pengertian kunci ring dan penggunanya

  Kegunaan dari dibuatnya pipih melingkar dan bergigi yaitu agar dapat menopang sudut baut , biasanya bentuk dari gigi-gigi pada lingkarannya berbeda-beda , ada yang berbentuk segi enam ada juga yang berbentuk seperti bintang bersudut banyak.
Pengertian kunci ring dan penggunanya



Kelebihan kunci ring

  • Baut yang dibuka dengan menggunakan kunci ring tidak akan terjadi kecacatan sudut/selek dikarenakan bentuk dari kunci ring yang pada setiap sudut dilingkaranya mengisi penuh dengan permukaan baut.
  • Karena setiap kunci ring selalu digandengkan dengan kunci pass , ini juga berfungsi sebagai perpanjang kunci jika anda mengalami kesulitan dalam proses membuka baut yang sangat keras.
  • Kunci ini juga sangat direkomendasikan dalam membuka hampir semua baut, yang biasanya terletak dibagian luar, dikarenakan lebih mudah dan juga dapat mempercepat proses terbukanya baut jika anda sudah ahli di bidang ini.
  • Ringan dan fleksibel saat digunakan.
Pengertian kunci ring dan penggunanya



Kekurangan kunci ring

  • Tidak dapat menjangkau baut yang berada pada tengah-tengah sebuah batang besi/torsi.
  • Jika mengalami kerusakan , yang paling ditemui yaitu pada bagian gagangnya ,biasanya sih patah, tapi jika anda pintar mengakalinya itu tidak jadi masalah karena masih bisa digunakan dengan menyambung bagian gagangnya ,bisa dengan las atau menyambungnya  dengan menggunakan bekas pipa besi yang sudah tak terpakai.

      Kalo menurut saya pribadi sendiri sih lebih baik menggunakan kunci ini dari pada menggunakan kunci pass yang resiko kerusakanya lebih besar dibanding menggunakan kunci ring.   Salam oli :D

    Lebih baru Lebih lama