Cara melakukan penggantian aki pada vario 125 dengan benar

  Halo teman teman, kembali bersama saya, sudah lama sekali saya terakhir kali menulis tentang tutorial maupun tips tentang dunia otomotif, dikesempatan yang berbahagia ini saya akan coba memberikan cara mengganti aki motor vario 125 , kenapa cuma vario 125? .karena memang banyak dari kalian yang memintanya , nah untuk merek yang lainya mungkin nanti akan saya buatkan sendiri dilain hari jika memang banyak dari kalian yang mau request.


  Bagi yang masih bertanya-tanya seperti kenapa saya harus sepesifik untuk merek vario 125 dan kenapa tidak semuanya saja , jawabanya yaitu cukup mudah ,karena pada setiap kendaraan bermotor khususnya sepeda motor matic itu memiliki penempatan aki yang berbeda-beda , daripada nanti kita semua kebingungan tentang masing masing mereknya ,alangkah baiknya kita buatkan satu-persatu saja.

  Sebelum kita memulai cara pengerjaanya ada baiknya kita tahu terlebih dahulu kenapa kita diharuskan melakukan penggantian aki, apalagi bagi kalian yang telah memiliki motor matic, pastinya hal seperti ini akan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan keamanan anda berkendara.

  Untuk kapan dilakukan penggantian aki pada vario 125 ini sendiri kalian pastinya sudah bisa merasakannya pada motor kalian sendiri, contohnya seperti sudah mulai susahnya stater awal ketika menghidupkan mesin motor ,lalu sudah mulai redupnya kondisi lampu lampu baik pada bagian depan maupun pada bagian belakang, dan juga suara klakson yang sudah tidak lagi nyaring bunyinya, tentunya hal ini akan sangat berpengaruh saat anda berkendara apalagi jika dipakai dalam perjalanan panjang. nah untuk mengatasi semua ini, dilakukanya penggantian aki ini menjadi sangat penting.

Langkah persiapan penggantian:

  • Siapkan obeng plus besar.
  • Obeng min besar.
  • Kunci T ukuran 10.
  • Kain bekas yang sudah tidak terpakai.
  • Aki baru yang sudah disiapkan , pastikan untuk merek dan ukuran aki pada motor vario yang akan diganti sesuai dengan ukurannya, karena setiap aki memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda khususnya pada motor matic.

Langkah pengerjaanya:

  • Matikan mesin sepeda motor terlebih dahulu, kemudian gunakan stand tengah untuk memarkirkan sepeda motor pada area yang aman.
  • Jika semua sudah siap langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah mengambil obeng plus besar, kemudian arahkan dan cari pada bagian bawah setir kemudi/setir, disitu kalian akan menemukan satu baut dibagian kiri dan bagian kananya, jika kebingungan untuk mencari letak posisinya kalian bisa tinggal melihat gambar dibawah.

  • Gunakan obeng plus besar untuk membuka kedua baut tersebut.

  • Jika kedua baut tersebut sudah terbuka, sekarang kalian tinggal ambil kunci minus, kemudian untuk bagian ujungnya kalian tinggal melapisinya menggunakan kain bekas hal ini dilakukan agar ketika kalian melakukan penyongkelan pada bempernya tidak terjadi baret/lecet pada body plastiknya.

  • Untuk cara mencongkelnya kalian tinggal arahkan obeng minus yang sudah di lapisi kain tersebut kearah bagian depan sepeda motor (lihat gambar) ,kemudian congkel, biasanya akan terdengar bunyi ctak jika proses penyongkelan dilakukan dengan benar.
  • Sekarang langkah berikutnya yang harus kalian lakukan ialah menggeser dan menarik plat plastiknya kearah atas, jangan khawatir semuanya akan baik baik saja jika kedua baut yang berada pada kedua sisi bagian bawah setir sudah dilepas.

  • Jika sudah terbuka , sekarang kalian perhatikan pada bagian dalamnya , disitu kalian akan langsung bisa melihat aki yang ditempatkan pada bagian depan sepeda motor.

  • Ambil kunci T ukuran 10 dan gunakan untuk membuka baut pengunci pada bagian atas dan bawah aki, untuk letak dan posisinya kalian tinggal melihatnya ditempatkan pada ujung pengunci aki.



  • Apabila baut pengunci sudah terlepas, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan ialah mencopot kedua kabel arus positif dan negatif yang terhubung pada aki.
  • Gunakan obeng plus besar untuk melakukan proses pembukaan pada kabel arus aki, oh ya dalam proses pembukaan ini pastikan kalian wajib mengingat letak sisi positif dan negatifnya (kabel hitam mempunyai arus negatif dan kabel warna merah mempunyai arus positif) karena jika kalian tertukar dengan letak posisi kabel positif dan negatifnya nantinya akan terjadi kosleting.


  • Jika semua sudah terlepas, kalian tinggal menarik akinya keluar secara perlahan.
  • Ganti aki yang sudah rusak dengan aki yang masih baru, kemudian dipasang kembali pada tempatnya yang terdapat pada motor vario.

  • Saya ingatkan sekali lagi untuk tidak keliru dalam proses pemasangan kabel plus minusnya karena jika terjadi konsleting pada motor, akibatnya bisa benar benar fatal.
  • Pasang dan kencangkan semua baut dan rapatkan kembali penutup bagian depanya.
  • Untuk pengetesan kalian tinggal nyalakan stater.
  • Jika semua proses dilakukan dengan benar motor akan menyala dan siap untuk digunakan..
  Bagi saya cara penggantian aki pada vario 125 ini tidak terlalu sulit karena langkah langkah pengerjaanya cukup simpel dan mudah dimengerti, jika memang kalian mengalami kesulitan dalam proses ini kalian bisa tinggalkan pada kolom komentar mungkin saya bisa membantu.

Posting Komentar

Komentar baru!!

Lebih baru Lebih lama