Cara mengganti kulit jok sepeda motor dengan benar

    Kalau kita berbicara soal kenyamanan berkendara pada speda motor ,jok motor merupakan aspek terpenting karena merupakan tumpuan dudukan kita saat berkendara, lalu bagaimana jadinya jika jok yang terdapat pada sepeda motor kita mengalami kerusakan seperti banyak beberapa lobang pada setiap sisinya ataupun terdapat banyak goresan misalnya terkena cakaran kucing, tentunya hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara bahkan tampilan sepeda motor pun jauh lebih buruk jika dilihat dari kejahuan hanya karena jok pada motor kita dalam kondisi yang buruk.
Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar


  Sebenarnya ada solusi paling mudah jika kita tidak perlu repot repot melakukan penggantian jok ,yaitu dengan melakukan penambalan yang seadanya saja seperti menggunakan lakban atau selotip , tapi pastinya hal tersebut akan membuat tampilan sepeda motor menjadi buruk jika dipandang menggunakan mata, nah untuk mengembalikan kondisi jok menjadi seperti baru kembali dilakukan penggantian jok menjadi cara yang tidak terhindarkan.

  Jika kalian sedang mencari cara mengganti jok motor beseta dengan proses tutorialnya kalian datang keartikel yang tepat ,karena untuk kali ini saya akan berikan cara yang terbaik dalam penggantian jok sepeda motor ,jika jok pada motor kalian mengalami masalah yang sudah saya bahas diatas jangan khawatir semuanya akan baik baik saja jika semua proses penggantian yang kalian lakukan sudah benar dan seperti yang akan saya jelaskan dibawah. 

Langsung saja kita mulai dengan persiapan peralatanya yang dibutuhkan terlebih dahulu:

  • Kulit jok baru yang ukuranya sesuai dengan jok anda, kalian bisa mendapatkanya pada toko sparepart terdekat.
  • Kunci sok, atau kunci T untuk ukuranya sesuaikan dengan baut yang ada pada engsel jok, jika bingung letaknya ada pada posisi ketika jok motor akan dibuka nah pada bagian ujungnya biasanya terdapat dua baut yang menghubungkan kursi jok dengan body kendaraan.
  • Obeng minus.
  • Gunting dan cutter/pisau.
  • Tang penjepit.
  • Staples besar biasanya dipakai untuk staples kardus.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar

Langkah proses penggantianya sebagai berikut:

  • Matikan speda motor dan posisikan pada standar tengah.
  • Buka jok motor pastinya cara membukanya sama halnya ketika kalian melakukan pengisian bahan bakar.
  • Jika jok motor sudah terbuka, gunakan kunci sok/T yang sudah disesuikan ukuranya tadi untuk membuka baut  engsel yang menghubungkan jok dengan bodi sepeda motor hingga semua baut terlepas dan jok pada motor dapat terlepas.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Ambil jok yang baru saja dibuka lalu tempatkan pada tempat yang strategis dan nyaman karena proses penggantian kulit jok ini akan memakan waktu yang cukup lumayan lama.
  • Jika sudah ditempatkan , langakah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengambil obeng minus besar, kalian perhatikan pada sisi dalam jok yang menghubungkan kulit jok dengan dudukanya disitu akan terlihat banyak staples yang melingkar keseluruh sisinya, gunakan obeng untuk mencongkel seluruh staples pada bodi jok bagian dalamnya.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Jangan lupa untuk membersihkan sisa bekas staples yang masih menempel menggunakan tang penjepat hingga semuanya bersih.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Apabila seluruh staples sudah dicabut sekarang kulit jok akan dapat dibuka dengan mudah.
  • Perhatikan pada busa busa yang terdapat pada bagian bawah kulit jok, itu kondisinya seperti apa , jika memang kondisinya sudah banyak kerusakan maka alangkah baiknya dilakukan penggantian pula pada busa busanya juga.
  • Jika kerusakan busa pada jok tidak terlalu parah kalian bisa menggunakan bekas kulit jok lalu bisa ditempatkan pada sisi sisi bagian busa yang mengalami kerusakan hingga semua kerusakan dapat terisi dan bentuknya pun terlihat seperti busa yang baru.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Ambil kulit jok yang baru kemudian letakan pada seluruh permukaan kursi jok hingga merata.
  • Untuk bagian pemasanganya ini yang agak sulit, pertama-tama gunakan staples besar untuk merekatkan pada sisi ujung samping kanan dan kiri terlebih dahulu, jangan lupa untuk menarik kulit jok secara bersamaan agar nanti kulit jok yang dihasilkan menjadi sempurna dan tidak ada rongga rongga maupun kendor dibeberapa sisinya.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Jika proses staples bagian sampingnya sudah dilakukan, sekarang gunakan staples untuk merekatkan bagian sisi sisi yang memiliki lekukan terlebih dahulu dikarenakan sisi ini yang paling banyak menghasilkan rongga udara ketika proses perekatan tidak sesuai prosedurnya.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Apabila semua proses perekatan pada sisi samping dan bagian lekuk lekuk nya sudah dilakukan  sekarang yang kalian lakukan tinggal menggunakan staples untuk merekatkan seluruh sisi dari body jok itu sendiri, dalam tahap ini pastikan pada saat menstaples sering sering dilakukan penarikan kulit jok agar tidak ada rongga ketika proses penstaplesan berhasil , untuk urutanya kalian tinggal melakukan staples secara berurutan saja satu persatu hingga memutar penuh pada body jok.

Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar
  • Jika semua proses staples sudah dilakukan seluruhnya , sekarang kalian tinggal ambil cutter atau gunting untuk memotong sisa bagian kulit jok yang sudah tidak terpakai hingga menjadi rapi dan bersih.
    Cara mengganti jok sepeda motor dengan benar

  • Pasang kursi jok kembali pada engsel jok motor.
  • Kencangkan bautnya dan sepeda motor siap dipakai untuk beraktifitas kembali.
  Bagaimana menurut kalian tentang proses penggantian jok pada sepeda motor ini, sedikit lumayan rumit dan melahkan juga bukan, tapi yang dihasilkan pun tidaklah mengecewakan. 


Posting Komentar

Komentar baru!!

Lebih baru Lebih lama