Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar

  Jika kita berbicara soal regulator pada sepeda motor atau sebutan kerenya pada bengkel motor adalah kiprok, maka mau tidak mau kita akan sedikit membahas tentang kelistrikan pada motor, jadi cara kerja kiprok/regulator itu sendiri seperti namanya yaitu sebagai pusat pengaturan arus listrik dan juga bisa difungsikan pensetabil arus AC menjadi DC yang dihasilkan oleh spul, nah jika sudah mengetahui seperti apa itu kiprok sebenarnya sekarang mari kita bahas tentang dampak dan kapan kita melakukan penggantian kiprok pada motor.

Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar

  Seperti yang sudah diketahui diatas bahwa fungsi kiprok sendiri sebagai regulator sepeda motor maka jika kiprok mengalami kerusakan maka dampak yang paling terasa yaitu konsletnya arus listrik yang dihasilkan aki ke seluruh komponen elektronik dan bisa merusaknya seperti lampu lampu depan maupun belakang ,hingga yang paling parah dapat menyebabkan kerusakan aki pada motor seperti kembung jika kalian menggunakan aki kering.

  Kalau untuk kapannya kita melakukan penggantian, ini yang agak sulit untuk dideteksi, kalau bagi saya sendiri untuk cara mendeteksi kerusakan pada kiprok motor yaitu ketika sudah melakukan penggantian aki baru lalu klistrikan pada sepeda motor tidak bekerja dengan baik seperti masih redupnya lampu lampu dan susahnya stater awal pada motor, tapi yang paling mudah mendeteksinya yaitu ketika aki sepeda motor sudah mengalami perubahan bentuk seperti kembung secara berlebihan.

  Nah jika kalian mengalami kejadian seperti yang diatas pastinya melakukan penggantian kirok sangat dibutuhkan, untuk itu jangan khawatir karena saya mempunyai tips/tutorial melakukan penggantian kiprok sepeda motor dengan benar, oh ya sebelum memulai tutorial ini pastikan kalian menggunakan motor honda beat karbu, karena untuk melakukan penggantian kiprok pada motor memiliki perbedaan letak posisinya, jadi untuk merek lainya mungkin dikemudian hari akan saya buatkan tersendiri.

Kita mulai persiapanya terlebih dahulu:

  • Siapkan obeng plus besar
  • Kunci sok beserta stang pembukanya, kalau tidak punya kalian bisa pakai kunci T yang ukuran delapan dan sembilan.
  • Dan pastinya siapkan kiprok yang baru (pastikan kalian membeli yang original).
  • Isolasi kabel hitam (dibutuhkan jika terjadi konsleting pada kabel atau soket yang menghubungkan kiprok motor rusak/putus)
  • Avo meter jika dibutuhkan.

Langkah untuk pengerjaanya:

  • Matikan sepeda motor dan posisikan pada standar tengah.
  • Buka jok honda beat karbu kalian dan pada bagian bawah dari wadah bagasi disana akan terdapat baut, lepaskan baut dan kalian akan melihat aki motor yang letaknya dibawah wadah bagasi tersebut.
  • Gunakan Obeng Plus intuk membuka kedua arus plus minus aki (merah = plus , hitam = minus) agar tidak terjadi konsleting ketika dilakukan penggantian kiprok pada motor.
Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar
  • Ambil Kunci sok atau T ukuran 8dan 9 gunakan untuk membuka semua Baut yang mengunci body plastik pada area samping kanan, untuk semua letak bautnya ada disebelah bawah kunci jok, bawah dudukan kaki, dan bagian bawah body motor untuk selengkapnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini.
Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar

Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar

Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar
  • Gunakan tenaga tangan untuk membuka semua body plastik pada  sebelah kanannya, kalian tidak usah khawatir selama semua baut sudah dilepas tidak akan terjadi suatu kerusakan pada body plastiknya.
  • Sekarang kalian perhatikan pada area tengahnya, disitu akan terdapat regulator/kiprok yang di gantungkan menggunakan kunci 8 dan dihubungkan pada soketnya, untuk lebih detailnya bisa lihat gambar berikut.
Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar
  • Gunakan kunci 8 atau 9 untuk membuka baut yang terdapat pada kail pengunci pada kiprok sepeda motornya hingga terlepas.
  • Buka soket yang menghubungkan kiprok dengan kabel kabel menggunakan tangan.
  • Perhatikan pada kondisi soket yang menghubungkan kiprok dengan kabel kabel apakah disitu terjadi kerusakan atau tidak, kalian bisa menggunakan avo meter untuk mengetahui kondisi semua kabel tidak ada yang  menyatu/konsleting , dan jika ada kabel yang putus kalian bisa menyambungnya secara manual dan melapisinya menggunakan isolasi kabel jika sudah tersambung.
  • Pasang Kiprok yang baru (pastikan kalian membeli yang original ya, karena biasanya versi yang KW pada area dalam kiproknya tidak adak perangkat elektroniknya, jadi terjadinya kerusakan kembali pada kiproknya sangat mungkin terujadi dalam waktu dekat).
Cara mengganti regulator/kiprok honda beat karbu dengan benar
  • Jika kiprok sudah dipasang ke soketnya, sekarang tinggal kalian kembalikan ketempatnya menggunakan baut 8. 
  • Kencangkan baut kemudian pasang seluruh body plastiknya kembali pada tempatnya jangan lupa untuk mengencangkan kembali semua baut pada body motornya.
  • Jika pada akinya sudah soak/menggembung kalian bisa lakukan penggantian aki.
  • Pasang kabel arus aki kembali pada tempatnya dan motor sudah bisa dilakukian pengetesan dengan cara menyakannya.
  • Selesai dan sepeda motor siap digunakan kembali seperti sedia kala.
  Untuk langkah yang paling sulit bagi saya yaitu memastikan kabel kabel yang menghubungkan kiprok dalam keadaan baik atau tidak, tapi biasanya kalian akan dengan mudah menemukan sumber kerusakan pada kabelnya dengan melihat kondisinya seperti gosong karena pernah terjadi konsleting arus pendek pada sepeda motor. 

Posting Komentar

Komentar baru!!

Lebih baru Lebih lama